Suka Mendadak Kentut? 7 Reaksi Aneh dalam Tubuh Ini Ternyata Punya Makna

 Radio Mandala Banyuwangi,  17-12-2016 13:48:14

  

kentut

Kentut, sendawa dan buang gas kadang keluar memang begitu saja. Apalagi bila yang keluar itu kentut. Kamu yang gelapan biasanya memasang muka datar. Nggak lupa bilang, “Ih siapa yang kentut nih!” atau “Hmmm bau kentut! Ulah siapa nih?” Kamu termasuk oknum seperti itu, nggak?

Reaksi-reaksi seperti itu dalam tubuh kamu terjadi bukan tanpa sebab. Dalam tubuh kamu terdapat proses yang menyebabkan hal itu terjadi. Berikut penjelasan mengenai reaksi-reaksi aneh itu:

Kentut

“Beberapa makanan yang sulit dicerna tapi dicintai bakteri kolon. Hasilnya membentuk banyak gas,” kata Adam Cifu, MD, profesor kedokteran umum di Universitas Chicago. Menurut Adam, ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menjaga pencernaan. Misalnya memakan makanan yang tinggi serat. Hal itu akan baik karena ampuh membersihkan usus besar. Makanan itu rupanya menjadi santapan untuk bakteri di usus. Bakteri-bakteri itu merupakan penyebab gas.

Yang dapat kamu lakukan tentang hal itu: Hindari makanan seperti kacang-kacangan, permen karet bebas gula, susu sarat laktosa, sayuran mentah seperti kembang kol, kubis dan brokoli. Seseorang yang normal bisa saja kentut sekitar 16 kali dalam sehari.

Sendawa

Ketika sendawa, kontrak otot perutmu melepaskan kelebihan udara dari kerongkongan atau perut. Beberapa orang menelan udara dan perlu bersendawa agar udara dalam tubuh bisa keluar kembali. Hal ini disebabkan asam reflux yang berkontribusi untuk sendawa.

Yang dapat kamu lakukan tentang hal itu: Hindari minum terlalu cepat, merokok, mengisap permen keras, permen karet atau mengonsumsi minuman berkarbonasi. Beberapa hal tersebut dapat menyebabkan kamu menelan lebih banyak udara.

Mendadak Gatal

Pernahkah kamu reflek menggaruk bagian tubuh yang nggak gatal? Misalnya di kepala atau lenganmu. Meski nggak gatal rupanya ini merupakan reflek wajar pada dirimu. Gatal itu biasanya mendorong iritan dalam diri.

Ketika menggaruk gatal, rasanya enak sehingga merangsang beberapa daerah kesenangan di otak. Kadang kamu keenakan dengan rasa gatal itu. Yang dapat kamu lakukan tentang hal itu: Garuk sesuatu yang bukan pada dirimu. Misalnya sofa atau apapun. Jika kamu dapat mengalihkan dorongan untuk satu atau dua menit, rasa gatal itu akan pergi.

Cegukan

Secara resmi cegukan ini disebut “singultus”. Menurut Safwan Jaradeh, MD, profesor neurologi dan ilmu saraf di Stanford University Medical Center, cegukan adalah sendawa yang lebih intens dan memiliki irama. Nggak usah merasa paranoid, cegukan merupakan hal yang wajar dalam tubuhmu.

Yang dapat kamu lakukan tentang hal itu: Tunggu saja. Seseorang yang normal bisa cegukan sekitar 30 kali. Untuk menghilangkan cegukan, kamu bisa menekan bola mata atau menekan lutut ke dada. Cara lainnya adalah menahan napas, minum segelas air, bernapas ke dalam kantong kertas, menempatkan es yang dihancurkan di mulutmu atau menempatkan satu setengah sendok teh gula di belakang lidah.

Berkedip

Pernahkah kamu menghitung berapa banyak matamu berkedip? Jangan lakukan hal itu karena reflek berkedip tanpa sadar terjadi banyak kali dalam sehari. Kamu berkedip untuk melumasi mata, membilas atau melindungi mata dari bahaya. Para ahli mata mengatakan jika sesuatu terbang di depan mata dengan sangat cepat, saraf optikmu merasa bahwa sebagai stimulus visual.

Yang dapat kamu lakukan tentang hal itu: Jauhkan mata lembab. Air alami dalam obat tetes mata baik untuk matamu. Jangan lupa untuk tidur yang cukup. Bila kamu lelah, sekresi dapat menurunan kinerja mata.

Batuk

Mungkin kamu sering batuk di kala penting. Bukan karena sakit tapi memang reflek dan hal itu wajar. Ketika paru-paru nggak puas, satu-satunya hal yang bisa dilakukan adalah batuk. Hal itu terjadi karena ada yang nggak beres dalam saluran napasmu.

Yang dapat kamu lakukan tentang hal itu: Nggak merokok dan menghindari perokok pasif lainnya. Asap di lingkunganmu bisa masuk dalam tubuh dan mengendap dalam saluran napas. Bila suatu ketika dibutuhkan pendorong lebih dalam saluran napas, endapan ini tentu sangat mengganggu. Mulai sekarang gunakan penutup mulut yang dapat menyaring udara sebelum masuk dalam tubuhmu.

Bersin

Ada setiap orang yang setiap pagi harus bersin dalam banyak kali. Namun nggak jarang pula kamu akan bersin ketika sehabis membersihkan kamar. Tujuan dari bersin adalah untuk menghilangkan iritasi. Hal itu bisa terjadi karena lada hitam atau asap. Mungkin juga bisa dikarenakan partikel asing atau alergen yang menjengkelkan. Partikel ini melewati rambut hidung dan mengiritasi mukosa hidung.

Yang dapat kamu lakukan tentang hal itu: Cobalah menempatkan jarimu di bawah hidung dan menahan di sana sampai dorongan bersin selesai. Tekanan ini untuk mengalirkan sinyal dalam tubuh. Biasanya untuk menghindari apapun yang dirasa bia menyebabkan iritasi di hidung. Jika ingin mencari obat penghilang refleksi itu kamu bisa mencoba antihistamin. Namun kamu juga perlu mengetahui bahwa antihistamin dapat menyebabkan sedasi, mengeringkan mata dan mulut.

Kentut, bersin dan lain-lain merupakan reklek wajar yang menggambarkan ada yang nggak beres dalam tubuh. Bila telah mencoba cara penghilangkan seperti saran di atas namun nggak menampakkan hasil, ada baiknya kamu berkonsultasi pada dokter.

депутат лобановскийанализ структурыленово ноутбукичто такоеноутбукнаписать отзывооо полигонmemphis seo companytranslate professionalзаказать текст для сайтавиртуальный номер для smsкупить виртуальный номер для смсpr кампания на примереwobsportuguese to englishсколько стоит пломбирование зубадетская мозаика купитьairport timeзаправка картриджей samsung scx 4600

Komentar

Counting


LATEST TUNE-IN